Trigona's Farmer Reborn

HALO SAHABAT "LEBAH TANPA SENGAT'

Kini kami kembali menyapa sahabat semua, terima kasih buat sahabat yang maasih setia dengan upaya budidaya dan pelestarian Lebah Tanpa Sengat (Trigona.sp) di Nusantara tercinta ini, baik dalam rangka kepentingan bisnis maupun pelestarian semata.

Sebagaimana yang pernah saya ulas bahwa Nusantara adalah surganya bagi lebah Trigona hingga tiap daerah memiliki penyebutan yang kadang berbeda-beda. Di daerah kami (Pandeglang - Banten) lebah unyu-unyu itu di sebut Teuweul dan Ko'ok, geser sedikit ke arah timur di sebut Klanceng, di melayu di sebut Kelulut, di Sulawesi di sebut Galo-Galo. Dan tentu masih banyak sebutan lainnya.

Peternak lebah Trigona saat ini masih lumayan ramai, bahkan cenderung meningkat bila saya perhatikan di media sosial. Begitu pula pergerakan bisnis produknya berupa madu trigona ramai di promosikan walau ada produk yang nampaknya meredup yaitu Propolis. Pada tahun 2014 produk Propolis Trigona terasa booming, memenuhi ruang baca baik di media sosial maupun di web dan blog-blog. Mengapa sekarang terasa meredup?

Pergerakan bisnis madu di Indonesia sepertinya perlu penajaman kembali dengan cara meningkatkan kesadaran masyarakat Indonesia akan pentingnya madu bagi kesehatan. Hal itu perlu upaya terus menerus dan tentu di imbangi dengan pengetahuan yang cukup tentang budidaya lebah dan manfaat madu.

Perlu kami kritik pada para pembudidaya dan produsen Madu Trigona khususnya, bahwa pembudidaya lebah trigona saat ini masih minim pengetahuannya tentang dunia perlebahan. Pengetahuan para pembudidaya seakan jalan di tempat. Itu semua karna para pembudidaya seakan bekerja dengan kacamata kuda, fokus pada satu hal yaitu "Keuntungan".  Padahal produk Madu Trigona adalah produk ekslusif dan terbatas. Perlu terus menerus belajar dan menggali pengetahuan tentang Lebah Trigona yang sebenarnya masih banyak yang belum tergali.

Itu semua tentu bukanlah salah anda, sahabat. Sudah bukan rahasia lagi bahwa mereka yang memiliki pengetahuan lebih tentang lebah cenderung pelit informasi dan jarang sekali melakukan sosialisasi agar pengetahuannya terbagi dan bermanfaat. Oleh karena itu, kami di komunitas sekarang sedang menyusun Natural School, sekolah alam tentang budidaya dan pengetahuan lebah Trigona. Upaya ini tentunya di tujukan bagi siapa saja yang tertarik untuk meningkatkan pengetahuan tentang lebah trigona dari beragam aspeknya.

Untuk menunjang rencana tersebut, penguatan peternak lebah trigona di tingkat Komunitas sedang kami lakukan. Ini adalah kebangkitan bagi peternak lebah trigona di lingkungan kami dan akan kami support dengan memproduksi secara stabil Produk Madu Trigona dan Bee Polen Trigona.

Tak lama lagi produk kami akan kami launching ulang dengan merk yang sama yaitu "Trigonas Farmer" dengan kualitas yang sama namun dalam tampilan yang berbeda dan lebih menarik dan klasik.

No comments:

Post a Comment

Agar blog ini lebih baik, mohon isi komentar di bawah sebelum Anda meninggalkan blog kami. Terima kasih atas kunjungannya...

Adbox

@trigonasfarmer