Rumah Pohon Unik dan Taman Bunga di Kampung Madu

Pada tahun 2012 silam Desa kami menerima penghargaan dalam Sistem Inovasi Daerah (SIDA) Provinsi Banten sebagai Kampung Madu. Namun karena adanya kesibukan lain terkait tugas di pekerjaan, saya kemudian meninggalkan Pandeglang dan menyerahkan semua itu kepada warga masyarakat dan Pemerintah Kelurahan Babakan Kalanganyar, namun sayang rupanya upaya untuk mewujudkan itu terhambat dan belum dapat di realisasikan dengan optimal. 


Memang kegiatan budidaya lebah trigona terus berlangsung, begitu pula kegiatan pada Komunitas Peternak, namun akselesarinya sangat lambat dan nyaris terhenti. Oleh karena itu, di karenakan mulai kendornya tugas dari pekerjaan, saya kembali menata komunitas serta memperbaiki sistem pemberdayan bagi peternak lebah trigona di Pandeglang - Banten dan meningkatkan fungsi farm agar lebih edukatif dan bernilai ekonomis.


Sekarang bagi kami di komunitas bukan hanya berpikir bagaimana caranya agar produk lebah trigona kami dengan label "Trigonas Farmer" dapat terus tersedia di bagian pemasaran serta terjaga kontinyuitas produk dan demand-nya, kami sedang berusaha mewujudkan peluang lain dari budidaya yaitu menjadikan kampung kami sebagai objek wisata berbasiskan budidaya lebah trigona. Oleh karena itu sekarang kami sedang memperbaiki pusat peternakan Komunitas di Cakra Village, Kp. Pangampoan Kel. Babakan Kalanganyar Pandeglang - Banten.


Pusat Budidaya komunitas kami yang berada di pinggiran hutan dan kebun rakyat sedang diupayakan disulap menjadi tempat yang menarik untuk dikunjungi serta nyaman untuk kegiatan pembelajaran dan pengenalan budidaya lebah, karena selain menjadikannya tempat wisata akan kami upayakan untuk mengembalikannya sebagai Pusat Edukasi Lebah Trigona di Indonesia.

Pusat Budidaya Lebah Trigona Komunitas Pat-Lima ini kami beri nama "STINGLESS BEE FARM & PARK" di REPOEBLIK TEUWEUL. Di lokasi ini kami sedang buat Rumah Pohon dan jalur dalam taman. Target kami akan membuat satu unit Rumah Pohon (Ranggon) untuk bersantai  para pengunjung farm dan lima unit Ranggon Resort untuk di sewakan. Nginap di rumah pohon dalam hutan akan mengasyikan.

Agar tetap konsisten dengan upaya budidaya lebah trigona, di sekitar farm akan kami buat spot-spot terkait lebah trigona yaitu display beragam jenis dan spesies lebah trigona (display koleksi) di lengkapi keterangan ilmiah dan display beragam tanaman yang di jadikan sumber pakan oleh lebah trigona dalam komunitas kami, lengkap dengan nama ilmiah. Pokoknya dalam rancangan kami lokasi budidaya ini akan di sulap dari hutan menjadi taman lebah dan bunga yang indah. Optimis

Pengembangan ini kami lakukan dengan mengedapankan pemberdayaan yaitu dengan daya dan dana kami sendiri. Tak apa pelan asal pasti berjalan... Dalam mengembangkan projeck ini hingga saat ini kami belum meminta bantuan kepada pihak pemerintah, masih bersipat swadaya.

Semoga niat kami di ridhoi oleh Tuhan. Amiin...

2 comments:

  1. Saya tertarik di bidang budi daya Trigoba'bagaimana cara untuk mendapatkan ratu dan koloninya.

    ReplyDelete

Agar blog ini lebih baik, mohon isi komentar di bawah sebelum Anda meninggalkan blog kami. Terima kasih atas kunjungannya...

Adbox

@trigonasfarmer