Diskusi Bersama Peternak Tradisional Apis Cerana Cihara

Pandeglang, 1 Februari 2014

Hari ini kami mendapat kunjungan dari sekelompok peternak lebah bersengat local (Apis Cerana) dari Cihara Kabupaten Lebak Provinsi Banten. Rombongan yang berjumlah sebanyak 15 orang ini tiba di Saung Gawe kami setelah waktu maghrib.


Cihara adalah sebuah kawasan kecamatan dari Kabupaten Lebak yang posisinya berada di ujung selatan dari Provinsi Banten, tentunya kawasan ini berada tak jauh dari pesisir pantai. Oh ya, kawasan Cihara adalah sebuah kawasan yang memiliki lingkungan yang buruk akibat adanya aktivitas penambangan batu bara dan adanya rencana pembuatan pabrik semen. Hal itu disampaikan oleh teman-teman peternak lebah cerana saat kami melakukan diskusi.
Kunjungan peternak Apis Cerana dari Cihara ke Komunitas ini bertujuan untuk bertukar-pikiran dengan kami, banyak hal yang kami diskusikan, mulai dari kondisi lingkungan sampai proyeksi bisnis. Pada kesempatan ini hadir pula beberapa personil Banten Heritage, mereka adalah mediator pada pertemuan ini.
Pembina Banten Heritage memberikan arahan 
Warga Peternak Apis Cerana dari Cihara - Lebak
Wandi (tengah) tokoh penggerak dari Cihara
Warga mencoba merasakan Beepollen kami
Personil BH ikut memberikan motivasi bagi warga peternak Cihara
Setelah melewati sesi pembukaan dan perkenalan yang diawali olah pihak kami dan Banten Heritage, acara diskusi kami mulai, diskusi berlangsung dengan serius tapi nyantai, sesuai dengan permintaan dari teman-teman di Banten Heritage saya selaku Ketua Komunitas mencoba memberikan beberapa pandangan, pengalaman dan masukan tentang bisnis budidaya lebah, khususnya jenis lebah yang kami budidayakan yaitu lebah trigona. Pada kenyataannya antara lebah trigona dan lebah yang dibudidayakan oleh warga Cihara memang berbeda jenis dan tentu berbeda pula karakteristiknya. Ini memang perlu diperhatikan, cara budidaya lebah yang dilakukan kelompok ini memang masih tradisional, begitu pula cara pemanenan dan metode pemasarannya. Namun demikian, perlu kami acungkan jempol dan memberikan dukungan atas kemauan keras warga Cihara untuk membudidayakan lebah Cerana ini walau pun dengan beberapa keterbatasan.

Dalam forum itu, Pembina Banten Heritage sempat berkomentar bahwa untuk dapat mengembangkan budidaya apis cerana di Cihara ini diperlukan sosok innovator yang memiliki komitmen dan konsistensi terhadap upaya budidaya dan pengembangannya.

Kultur budidaya nyiruan (apis cerana) di Cihara merupakan warisan budaya yang sudah dilakukan secara turun temurun dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan madu warga local, kebudayaan ini memang bertahan sampai sekarang, walau pun jumlah pelestarinya kian hari kian berkurang. Tingginya kerusakan lingkungan terindikasi sebagai factor terbesar hilangnya peternak lebah local di daerah perkampungan. Kerusakan lingkungan di wilayah Selatan sebagian besar diakibatkan oleh meningkatnya aktivitas pertambangan di daerah itu.

Kami menilai terlestarikannya peternak lebah bersengat local di Cihara, merupakan peluang bisnis yang dapat dikelola oleh warga setempat, namun demikian perlu adanya dorongan dari berbagai pihak agar warga peternak mampu meningkatkan upaya budidaya hingga menjadi sebuah usaha yang layak diusahakan di sana. Jaminan mutu dan terjaminnya pemasaran produk peternak mesti diupayakan agar warga cihara bersemangat membudidayakan apis cerana yang suatu saat kelak akan mampu meningkatkan kesejahteraan ekonomi warganya.

Pada kesempatan itu, saya mencoba memberikan dorongan agar warga peternak tidak mudah menyerah terhadap apa pun yang menjadi penghalangnya. Warga peternak mesti mengedepankan kejujuran, karena bisnis madu adalah amanah mulya. Perlu adanya kesadaran untuk hidup berkelompok seperti lebah itu sendiri, menata kelola budidaya bersama-sama dari hulu sampai hilir, saling bertukar pikiran dan terbuka terhadap peradaban.

Pertemuan ini berlangsung hingga Jam 02.00 dini hari, warga peternak lebah Cihara beristirahat di Saung Gawe dan kembali ke daerahnya jam 07.00 pagi.

Kami mendoakan semoga apa yang dicari dari kami mereka peroleh hari ini, dan dapat dijadikan bekal untuk menggapai cita-cita mereka untuk menjadi pembudidaya lebah local yang amanah dan professional. Semoga….
Adbox

@trigonasfarmer