Serangan Apis Cerana ke Sarang Trigona

Senin, 4 Februari 2014

Sekitar pukul 17.00 wib kami mendapat kunjungan dari tamu tak diundang yaitu sekelompok Apis cerana, koloni itu berkerumun diantara kotak koloni yang berjejer di rak-rak budidaya Lebah Trigona. Kejadian ini sempat membuat kami terkejut, biasanya ini adalah waktunya lebah trigona kami pulang ke sarangnya, namun mengapa terjadi serangan yang begitu mendadak.

Apis Cerana
Beberapa ekor lebah trigona tampak panik, bagaimana tidak, tiba-tiba saja sekelompok lebah bersengat itu berkerumun di sebuah kotak koloni yang biasanya di isi oleh koloni lebah trigona. Semula kami mengira itu adalah sebuah serangan, dengan penuh kehati-hatian kami coba mengawasi gerak-gerik sekelompok A. cerana itu, jujur saja kami takut disengat…


Sejenak kami tersenyum, beberapa hari yang lalu kami kedatangan teman-teman peternak lebah Cerana dari Cihara Kabupaten Lebak, hari ini kami malah didatangi oleh sekelompok lebahnya... Apakah ini sebuah kebetulan saja, tapi bukankah semua hal di dunia ini tidak ada yang kebetulan?

Namun setelah kami coba mendekati, ternyata sekelompok lebah itu masuk ke dalam sebuah kotak kosong yang sudah lama ditinggalkan oleh koloni lebah trigona. Kami berasumsi bahwa mereka adalah sekelompok lebah yang sedang mencari tempat untuk bersarang. Peristiwa ini memang bukan kali pertama, namun sekitar yang ketiga kalinya sejak farm ini kami dirikan. Biasanya sekelompok A. cerana ini hanya sekedar singgah dan tidak mengisi kotak koloni bekas sarang koloni lebah trigona, namun kali ini berbeda, sekelompok lebah bersengat itu nampak serius untuk berdomisili di Farm kami.

A. Cerana Masuk ke Sarang Bekas Lebah Trigona 
Kedatangan A. Cerana membuat sebagian koloni Lebah Trigona Panik 
Sarang Lebah Trigona di tumpuk 2 supaya isi sarang lebih besar 
Sarang Dadakan di pisah di Tempat yang agak jauh dari koloni Trigona
Di pulau-pulauan inilah koloni A. Cerana di simpan
Karena melihat keseriusannya, kami memutuskan untuk memberikan ruang bagi Apis untuk bersarang di Farm kami, toh mereka datang sendiri, sekalian saja menambah koleksi lebah walaupun bukan dari Genus Trigona. Ini adalah Apis local, perlu kami berikan tempat yang layak walau pun harus disimpan terpisah dari koloni budidaya lebah trigona kami. Apis cerana ini kami tempatkan disebuah pulau-pulauan kecil dibelakang Workshop Komunitas.

Tepat pukul 18.30 wib, penempatan Apis cerana selesai.. Hari sudah gelap...

Semoga saja mereka betah dan mau hidup rukun dengan saudara-saudaranya yang tak bersengat…
Adbox

@trigonasfarmer