Madu dalam Kitab Suci Dunia



Madu disebutkan didalam beberapa kitab-kitab suci agama di dunia, membuat kita semakin yakin bahwa madu memang diciptakan untuk memberi manfaat bagi kehidupan umat manusia.
AL-QUR’AN
Q.S. An-Nahl ayat 68-69
Ayat 68
Dan Tuhanmu mewahyukan kepada lebah “Buatlah sarang-sarang di bukit-bukit, di pohon-pohon kayu, dan ditempat yang dibuat manusia”
Ayat 69
Kemudian makanlah dari tiap-tiap (macam) buah-buahan dan tempuhlah jalan Tuhanmu yang telah dimudahkan (bagimu). Dari perut lebah itu keluar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, didalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Tuhan) bagi orang-orang yang berpikir.
TRIPITAKA
Dalam ajaran Budha ada 5 jenis obat yang bisa dikonsumsi oleh para Bhikku setelah mereka makan siang, salah satunya adalah Madu.
Vinaya Pitaka, Mahavagga Vl. 208 15-10
Beberapa jenis obat yang dipakai oleh bhikku yang sakit adalah…Madu.
Dalam Artharvaveda XII.3.44
MADU dicampur dengan mentega yang dijernihkan (disajikan pada tamu menyehatkan)
Dalam Artharvaveda II.3.1
Minumlah ghee (mentega yang dimurnikan), madu dan susu yang baik untuk kesehatan.
ALKITAB
Dalam Amsal 16:24
Perkataan yang menyenangkan adalah seperti sarang madu, manis bagi hati dan obat bagi tulang-tulang.
Dalam Amsal 24:13
Anakku, makanlah madu, sebab itu baik; dan tetesan madu manis untuk langit-langit mulutmu.
AYURVEDA
Ayurveda atau “ilmu tentang kehidupan” yang berakar dari budaya India yang menggabungkan konsep alami dan herbal untuk penyembuhan penyakit dan telah dipraktikkan sejak 4000 tahun Sebelum Masehi.
Ayurveda mempunyai bagian penting yaitu Rasayana yang secara sederhana berarti sesuatu yang mengembalikan orang ke keadaan muda secara fisik dan mental.
Di berbagai ramuan Rasayana yang 100% terdiri dari bahan alami, madu merupakan komponen yang penting. Disebutkan bahwa Rasayana disiapkan dengan madu dan ghee (mentega yang dimurnikan) karena potensi dan preservasi herbal secara permanen terikat pada madu dan ghee.

No comments:

Post a Comment

Agar blog ini lebih baik, mohon isi komentar di bawah sebelum Anda meninggalkan blog kami. Terima kasih atas kunjungannya...

Adbox

@trigonasfarmer