Memilih Lokasi Budidaya Lebah Trigona

Metode ini merupakan metode standar dari Komunitas PAT-LIMA dalam menentukan lokasi budidaya lebah lanceng (trigona. spp) di lingkungan komunitas kami. Metode dibuat berdasarkan pengalaman dan hasil analisa saya selaku ketua umum sekaligus peneliti internal pada Komunitas PAT-LIMA. 
Berikut adalah tahap-tahapnya :

1. Menghitung Sebaran Awal Pra Budidaya
Pastikan bahwa di sekitar lokasi terdapat populasi lebah trigona yang bersarang secara alami. Bisa bersarang di lubang pohon, batu berongga, bambu di kontruksi rumah atau bahkan di tempat lain yang ekstrim seperti di dinding rumah penduduk. Hitung sebarannya. Apabila populasi di daerah setempat banyak maka lokasi tersebut layak di pilih untuk upaya budidaya lebah trigona.


2. Menilai Lingkungan
Lingkungan di lokasi rencana budidaya lebah trigona perlu dianalisa dengan matang. Pada kenyataanya tidak semua lokasi bisa dijadikan lokasi budidaya lebah trigona, faktor yang menjadi pertimbangan awal yaitu bagaimana suhu dan kelembaban di daerah tersebut, lebah trigona menginginkan suhu yang lembab tapi tidak basah. Naungan dan kerapatan pohon 70% sudah mencukupi untuk upaya budidaya. Keberadaan pohon dan bukit-bukit kecil sangat membantu koloni lebah agar dapat hidup produktif. Harus disadari lebah trigona adalah mahluk super mini, dia tidak akan dengan terpaan angin yang tinggi. Pohon dan bukit kecil adalah media alami yang berfungsi sebagai penahan lajunya angin.

 

 
 

3. Menghitung Populasi Tumbuhan Sumber Pakan
Pastikan sumber pakan di lsekitar lokasi rencana budidaya lebah trigona banyak. Kenali jenis tumbuhan apa saja yang disukai oleh lebah trigona dan hitung populasinya. Ini penting karena lebah trigona hanya mampu terbang mencari pakan pada jarak dekat yaitu 200 s/d 400 meter saja. Pertimbangkan pula bahwa pada saat musim penghujan lebah trigona sulit mencari pakan, pada saat jeda hujan ia akan mencari pakan yang paling dekat dengan sarangnya.
Pentingnya menghitung populasi tumbuhan bakal sumber pakan di sekitar lokasi budidaya sangat berkaitan erat dengan tinggi-rendahnya jumlah koloni lebah trigona yang akan dikelola di areal tersebut

 


Apabila faktor-faktor penting tersebut terpenuhi sebagaimana standar di atas, maka jangan ragu untuk mencoba budidaya lebah trigona walau perlu menggali lebih banyak lagi pengetahuan dan kemampuan teknis lainnya. Jangan ragu untuk mencoba dan harus berani gagal demi meraih keberhasilan....
Semoga bermanfaat...
Adbox

@trigonasfarmer