UA-42393073-1

Sabtu, 02 Maret 2013

Galery Aktivitas Komunitas PaT-LiMA Part.1

Selain aktivitas rutin, bulan Februari 2013 kami dilibatkan oleh Pemerintah Daerah untuk mendukung program peningkatan kesejahteraan masyarakat melalui Program Pencanangan Desa Inovatif tahun 2013. Kebetulan pusat komunitas berada di daerah pencanangan program tersebut. Setali tiga uang dan gayung tersambut, program ini selaras dengan Visi komunitas kami.
Berkaitan dengan program tersebut, pihak pemerintah Provinsi Banten dan Kabupaten Pandeglang akan menyelenggarakan pelatihan khusus budidaya lebah trigona dan telah berkordinasi dengan kami agar bersedia menjadi narasumber sekaligus instruktur pada pelatihan yang akan digelar pada bulan mendatang.
 
 Isi sarang (kotak koloni) usia kurang dari 1 bln di Kluster 4 Kalanganyar, pertumbuhan koloni dan produksi madunya cukup cepat dan produktif
 Kondisi alam di sekitar lokasi peternakan lebah trigona kami

PETERNAKAN LEBAH TRIGONA ANGGOTA KOMUNITAS

 Cluster Cipacung wilayah Majasari
Cluster Cipacung wilayah Majasari

Koloni milik anggota Cluster Kalanganyar 4  (milik Aif Syarifudin), lokasi di wilayah cluster ini dipilih untuk pelaksanaan program peningkatan kapasitas koloni di Lingkungan Komunitas PaT-LiMA Banten. Penambahan direncanakan sampai dengan 200 kotak koloni yang sudah tersedia di Ruang Karantina Peternakan Inti Komunitas PaT-LiMA Pandeglang Banten
Isian sarang T. Laeviceps usia lebih dari 1 bulan di kluster Kalanganyar 3 milik Aif Syarifudin
Ketua umum Komunitas PaT-LiMA (kemeja hitam) sedang mengecek kondisi peternakan di Cluster Kalanganyar 2 didampingi Ketua Cluster Kalanganyar 2  Tb. Sajar (kaos putih)

Ketua umum Komunitas PaT-LiMA (kemeja hitam) sedang berdiskusi dengan Ketua Cluster 3 Kalanganyar (Ahmad. Chusaery) tentang rencana penambahan koloni, lokasi cluster ini dipilih untuk program peningkatan kapasitas koloni di Lingkungan Komunitas PaT-LiMA Banten karena vegetasi alamnya sangat baik serta memiliki sumber pakan yang cukup melimpah. Rencana penambahan yaitu 100 kotak koloni yang sudah tersedia di Ruang Karantina Peternakan Inti Komunitas PaT-LiMA Pandeglang Banten


 Alpinia (bunga jahe-jahean liar) bunganya disukai lebah trigona dan di wilayah ini keberadaannya cukup banyak. Diantara sela-sela bunga kadang ditemukan bangkai lebah trigona.
 Kebun milik masyarakat di sekitar peternakan cluster kondisinya menyerupai hutan dan didalamnya menyediakan cukup banyak tanaman sumber pakan lebah trigona.
Isian sarang T. Laeviceps usia kurang dari 1 bulan di kluster Kalanganyar 3



Advertisement