Galery Aktivitas Komunitas PAT-LIMA, Part.3

Pandeglang, Komunitas PaT-LiMA.

SELAMAT DATANG DI TRIGONA'S FARM

Dokumentasi di bawah ini adalah suasana peternakan lebah trigona "Trigona's Farm", peternakan inti dari Komunitas Peternak Trigona - Lingkungan Mandiri (PAT-LIMA) di Pandeglang Provinsi Banten


 Daya tampung Peternakan inti ini yaitu 500 kotak koloni, pertimbangannya dihitung berdasarkan luas wilayah yang terdiri dari hutan-hutan dan kebun rakyat yang menyimpan sumber pakan bagi lebah trigona dalam diameter 500 meter persegi. 



 
Ini merupakan ruang (rak) transit. Kotak koloni di rak-rak ini merupakan kotak koloni yang nantinya dibagikan ke anggota (peternak) untuk dipelihara di rumah atau klasternya masing-masing.

 
Selain koloni  lebah trigona dalam kotak koloni, di sini menampung pula koloni yang masih dalam media aslinya, seperti di dalam ruas bambu dan kayu berlubang. Di simpan dan dirawat di peternakan ini sebagai bahan koloni yang nantinya dipindahkan ke dalam kotak koloni agar lebih produktif.

Di peternakan inti ini pula disimpan spesies - spesies lebah trigona sebagai koleksi milik Komunitas. Spesies yang berhasil dikumpulkan sampai dengan hari ini baru 6 (enam) spesies, yaitu T. Iridipennis, T. Incise, T. Laeviceps, T. Hockingsi, T. Sarawakensis dan T. Sapiens.

No comments:

Post a Comment

Agar blog ini lebih baik, mohon isi komentar di bawah sebelum Anda meninggalkan blog kami. Terima kasih atas kunjungannya...

Adbox

@trigonasfarmer