UA-42393073-1

Jumat, 06 Desember 2013

Komunitas dalam Acara Launching Roadmap SIDa Banten 2013 - 2017

Sobat, pada hari Kamis (5/12) saya mewakili Komunitas menghadiri undangan Pemerintah Provinsi Banten dalam acara Launching Roadmap SIDa Banten di Aula Pendopo Gubernur Banten. Oh ya, SIDa itu singkatan dari Sistem Inovasi Daerah sebagaimana Peraturan Bersama Menristek dan Mendagri Nomor 03 dan 36 Tahun 2012 tentang Penguatan Sistem Inovasi Daerah (SIDa).

Pada acara ini ditampilkan juga multimedia tentang SABA JUHUT, program ini memang terpokus pada penguatan Kampung Domba di Kelurahan Juhut Kecamatan Karang Tanjung Pandeglang yang merupakan salah satu program andalan di Provinsi Banten.

Seorang teman bertanya pada saya, apa hubungannya dengan aktivitas kami di budidaya lebah trigona. Memang bila melihat dari sudut pokus program tersebut sulit dikait-kaitkan dengan aktivitas kami, namun semangat memajukan daerah dan meningkatkan taraf hidup masyarakat melalui inovasi merupakan jalur dan tujuan yang sama ingin kami raih dalam beraktivitas.

Kembali ke acara Launching, Asisten Tata Praja Pemprov Banten, Asmuji H.W membacakan sambutan Gubernur Banten, H. Atut `Chosiyah menyatakan bahwa sebagaimana tertuang di dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah(RPJMD) Provinsi Banten 2013-2017, kebijakan pembangunan Iptek di Provinsi Banten telah ditetapkan melalui Program Penelitian dan Pengembangan Kebijakan Strategis, Iptek dan Inovasi Daerah. Program tersebut merupakan implementasi kebijakan Iptek sebagai terobosan bagi percepatan pembangunan di Banten yang diarahkan pada peningkatan nilai tambah di sektor pertanian dan peternakan, kehutanan dan perkebunan, perikanan dan kelautan serta jasa pariwisata, baik skala industri maupun usaha menengah, kecil dan mikro pada kawasan strategis di daerah Banten.

Sementara itu Iwan K. Hamdan yang merupakan Anggota Tim Koordinasi SIDa Banten dan sebagai Panitia Pelaksana Launching Roadmap SIDa Banten menuturkan bahwa dalam rangka meningkatkan kapasitas pemerintahan daerah, daya saing daerah dan pelaksanaan MP3EI 2011-2025, diperlukan Penguatan Sistem Inovasi di daerah secara terarah dan berkesinambungan.

Pada kesempatan yang sama, Deputi Menteri Bidang Jaringan Iptek, Kementerian Riset dan Teknologi RI, DR. Agus R. Hoetman, MT mengatakan pihaknya mendukung Roadmap SIDa Banten sebagai salah satu wujud kepedulian Banten dalam meningkatkan daya saing daerah, terutama untuk kesejahteraan masyarakat
Acara ini dihadiri oleh banyak orang yang berasal dari berbagai elemen masyarakat dan pemerintah daerah. Sesaat sebelum acara dimulai saya bertemu dengan teman-teman pelaku desa terpadu kampung domba seperti Kang Utin, Lurah Juhut dan Pak Doni Hermawan Camat Karang Tanjung. Ketika diwawancarai beberapa teman media, camat Doni berpendapat bahwa tanpa didukung semua pemangku kepentingan, baik di Kabupaten Pandeglang maupun Provinsi Banten, pengembangan dan penguatan SIDa Banten, khususnya untuk sektor peternakan yang  saat ini fokusnya di Kampung Ternak Domba dan Kambing Terpadu, Kelurahan Juhut, Kecamatan Karangtanjung tidak akan berarti apa-apa.

Oke deh pak camat… kami dari lereng Gunung Karang ikut mendukung agar apa yang dicita-citakan masyarakat Juhut terwujud dan tentunya dapat memberikan manfaat yang nyata bagi masyarakat Juhut…

Salam Inovasi, lur…