UA-42393073-1

Jumat, 26 Juli 2013

Polen Entomophile Lebah Trigona (Part 3)

Beepollen merupakan superfood yang tidak dapat dibuat di dalam laboratorium. Kompleksnya kandungan yang ada dalam beepolen disertai adanya beberapa unsur senyawa yang belum teridentifikasi hingga kini, hal inilah yang membuat beepolen masih sulit untuk dibuat sintesisnya. Beberapa ilmuwan yakin, bahwa factor misterius ini membuat beepollen justru memiliki nilai lebih dalam hal pemeliharaan kesehatan.
Berikut adalah pendapat para ahli tentang beepolen yang diambil dan diolah dari berbagai sumber.
Pythagoras, Hippocrates, Pliny dan Virgil menyebutkan bahwa:
“Beepolen memiliki kekuasaan yang besar dalam meremajakan sel, serta mampu menghambat penuaan


Mme. Aschenasy Leru (Kepala pusat Penelitian Ilmiah Perancis):
“Pollen mengandung 40-80% asam glutamat bebas (yang tidak dapat di produksi oleh tubuh manusia) yang dapat mencegah penyumbatan darah di otak, meningkatkan kemampuan berpikir, termasuk mengatasi keterbelakangan mental dan konsentrasi.”

Prof. Nicolai Vasilleivich Tsitsin, (Ketua lembaga Biologi dan Botani Rusia):
“Ketika meneliti warga Rusia yang berumur lebih dari 100 tahun. Ternyata lebih dari 200 responden yang diteliti semuanya memelihara lebah. Dan mereka memakan residu madu sebagai makanan pokok yang kaya akan kandungan beepollen di dalamnya.”


Penelitian dari Royal Society of Naturalist of Belgium and France:
“Sebuah penelitian menyimpulkan bahwa seseorang dapat hidup hanya dengan mengkonsumsi bee pollen dan air. Analisa kimia menunjukkan kualitas kandungan bee pollen yang sangat penting untuk kehidupan. Bee Pollen bahkan disebut sebagai “keajaiban” yang diberikan lebah”

Lee Foundation for Nutritional Research di Milwaukke Amerika Serikat (1963):
“beepolen memiliki keseimbangan yang sempurna sehingga bisa berdiri sendiri sebagai makanan yang lengkap akan kandungan gizi dan nutrisi, ditambah lagi bee pollen dilengkapi dengan bahan cairan yang sempurna".

Dr G.J.Binding, dalam Brown:
“Serbuk sari lebah merupakan makanan yang terbaik, bahkan hampir sempurna. Beepolen tidak hanya membangun kekuatan dan energi dalam tubuh namun juga meningkatkan ketahanan tubuh akan infeksi.”

Dan, dibawah ini beberapa catatan penting para ahli tentang beepolen dan kandungannya yang dikumpulkan oleh Mike Adams dalam “The Health Ranger”, yaitu:

“Sepanjang sejarah beepollen merupakan sebagai makanan super untuk memulihkan energi dan kekuatan penyembuhan bagi individu yang sakit. Mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dapat membantu untuk meredam serangan autoimun untuk melawan kanker. Dalam beepolen tidak ada toksisitas. Produk lebah lainnya dengan sifat menyembuhkan yang luar biasa termasuk royal jelly dan propolis yang merupakan senyawa antibiotik yang digunakan untuk mensterilkan sarang lebah dapat di konsumsi manusia dalam dosis tertentu.” (Mengalahkan Kanker dengan Nutrisi, oleh Patrick Quillin,PhD,RD,SSP)

Beepolen adalah superfood terpopuler di kalangan banyak atlet, yang sangat membantu mereka berlatih keras dan cepat sembuh ketika kena cedera, membantu meningkatkan stamina. Dalam hal dukungan kekebalan: beepolen dilaporkan dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh. Orang yang rentan terhadap pilek dan infeksi saluran pernapasan dapat terbantu oleh superfood ini.(Para Dokter Alam pada Terapi Penyembuhan, oleh Mark Stengler, ND).

Beepolen memiliki lebih banyak asam amino dan vitamin dibandingkan asam amino yang terkandung pada daging sapi, telur, atau keju. Satu sendok makan beepolen mengandung sekitar 45% kalori, 15% lesitin (yang dibutuhkan untuk metabolisme lemak normal), dan vitamin B12 (PDR untuk Obat Herbal, Edisi Keempat, oleh Thomson Healthcare, Inc).

Kandungan alami beepolen; fenilalanin yang bertindak sebagai penekan nafsu makan. Beepolen membangun sistem kekebalan tubuh dan menyediakan energi bagi seluruh tubuh, mengandung 35% protein, 55% karbohidrat, 2% asam lemak dan 3% mineral, serta vitamin berkualitas tinggi dalam B-kompleks dan vitamin A, C, D dan E, dan juga mengandung lesitin. (Dapatkan keseimbangan Alami untuk Kesehatan Lebih Baik dengan superfood, oleh Jan Lovejoy).

 “Beepolen memiliki efek antimikroba, berguna untuk memerangi kelelahan, depresi/stress, kanker, gangguan usus dan alergi karena bersifat memperkuat sistem kekebalan tubuh. Beepolen adalah cara terbaik untuk meningkatkan sifat antiallergenic. (Resep Penyembuhan Referensi Praktis Bebas Narkoba remedies Menggunakan Vitamin, Mineral, Herbal & Suplemen Makanan, oleh Phyllis A. Balch, CNC)

 “Beepolen mendapatkan popularitasnya sebagai perlindungan yang efektif terhadap karbon monoksida, timbal, dan merkuri. Beepolen digunakan untuk mengobati alergi, karena desensitizes individu. Ada penelitian yang menunjukkan bahwa beepolen memperkuat perlawanan dari sistem kekebalan tubuh untuk kanker dan radiasi.(Resep Sebuah Cardiologist untuk Kesehatan Optimal, oleh Stephen T. Sinatra, MD)

Beepolen merupakan makanan super antiradiasi serta penambah kesehatan secara umum, mendukung sistem kekebalan tubuh dan melindungisel merah dan sel darah putih dalam melawan deplesi efek dari radiasi. Beepolen juga mengandung vitamin A, B, C, dan E, asam nukleat,RNA-DNA, lesitin, sistein, dan mineral penting seperti selenium, kalsium, dan magnesium. Semua nutrisi tersebut berkontribusi membantu dan melindungi tubuh dari bahaya radiasi.(oleh Gabriel Cousens, M.D.)

“Satu studi centenarians, Republik Georgiam. Menunjukan bukti bahwa peternak lebah yang rutin mengonsumsi madu lengkap dengan beepollen mengandung; 22 asam amino esensial, vitamin, mineral, hormon, asam lemak, dan ribuan enzim. ditemukan efektif dalam mengobati alergi, infeksi bakteri, asma, kelemahan kapiler, kelelahan kronis, depresi, kekebalan tubuh, gejala-gejala menopause, gangguan gizi, masalah prostat, sistitis kronis, dan infeksi saluran kemih. (Whole Foods Companion: Cooks, Shoppers, pecinta makanan alami, oleh Dianne Onstad)

Kandungan bioflavonoid yang ditemukan dalam beepolen adalah quercetin anti inflamasi, dalam Journal of Ethnopharmacology tahun 2005 menemukan bahwa propolis sebagai antibiotic.” (Kebenaran, Kejutan Objektif; Mengapa dan Apa yang Harus Anda Makan, oleh Jonny Bowden, Ph.D, SSP)

Beepolen dapat meningkatkan fokus, penting untuk kesehatan anak yang bermental baik. Vitamin E dengan sirkulasi bantu selenium seperti halnya choline dan inositol. Selain itu vitamin C penangkal radikal bebas yang efektif yang dapat membangun sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan sirkulasi. Penelitian menunjukkan bahwa asam amino L-glutamin sangat membantu bagi siapa saja yang bermasalah mental dan emosional  (Ensiklopedia Lengkap Penyembuhan Alami; Komprehensif Penyakit umum, kronis dan Perawatan Terbukti, oleh Gary Null Alam, Ph.D)

Adrenal Anda stres dapat diperkuat dengan minuman beepolen atau  ginseng. Banyak herbal memiliki sifat antioksidan yang membantu memerangi kerusakan radikal bebas yang berhubungan dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah oleh stres.(Super Anti-Oksidator: Mengubah Wajah Sehat di abad ke-21, oleh James F. Balch, MD)

“Beepolen merupakan salah satu sumber bioflavonoid berkualitas, memiliki manfaat menjaga kulit sehat dan tetap muda. Vitamin A juga menyembuhkan kulit dan pencegahan terhadap infeksi. Zat penting lainnya adalah koenzim Q10, yang menyediakan oksigen ke seluruh jaringan, membantu mereka untuk menyembuhkan(Komprehensif Penyakit umum, kronis dan Perawatan Terbukti, oleh Gary Null Alam, Ph.D)

Demikianlah ulasan saya tentang beepolen sebagai makanan tersuper yang ada di planet bumi kita ini. Berbicara tentang beepolen memang seakan tidak akan pernah ada habisnya, oleh karena itu selama ratusan tahun produk lebah yang satu ini telah dijadikan sumber penelitian yang kuat dan mampu menghasilkan lebih dari seratus pakar gizi di dunia. Wow!

Semoga hal tersebut mampu menjadi sumber insfirasi buat kita semua.
Advertisement