Madu dan Beepolen Trigona Atasi Penyakit Musiman di Hari Lebaran

Memang sudah jadi kebiasaan, setiap lebaran tiba segala macam jenis makanan lezat, manis dan gurih disediakan di tiap-tiap rumah. Bahkan di daerah-daerah tertentu, seperti di daerah saya, menyediakan masakan berbahan baku daging (kerbau/sapi) nyaris menjadi sebuah keharusan. Ada yang dibuat semur, sayur lada jeroan, panggang, dll. Salah satu tujuannya yaitu menyediakan jamuan bagi sanak saudara dan kerabat yang datang berkunjung untuk bersilaturahmi (oh yaa!!....)

Hampir di seluruh keluarga saat lebaran tiba hidangan yang disediakan biasanya merupakan jenis makanan yang berkolesterol tinggi yang cukup menggoda untuk membalas dendam setelah sebulan penuh menahan diri, seperti opor ayam, gulai, semur daging, rendang, aneka kue kering dan basah, kue pabrikan, sirup, sampai minuman yang aneh-aneh. Nah, kalau tergoda mengkonsumsi itu semua secara berlebihan, dipastikan penyakit musiman saat lebaran akan menghampiri Anda. Penyakit seperti diabetes, hipertensi, dan hyperkolesterolemia, siap menyerang Anda bila tidak berhati-hati dan tahan diri. Budaya balas dendam, kerap merusak pola hidup sehat yang telah dijalani selama puasa dan tentunya bertentangan dengan syarat dasar berpuasa yaitu belajar menahan keinginan berlebih.

Menurut teman saya yang bekerja di Rumah Sakit, setiap hari lebaran dan setelahnya Ruangan ICU di Rumah Sakit seringkali dipenuhi oleh para pelaku balas dendam. Apakah Anda salah satunya? jangan sampe deh, hehehe…

Tetap menjaga pola makan sehat dan mengkonsumsi suplemen yang alami (madu dan beepolen) merupakan cara yang harus dilakukan agar penyakit yang sering dialami pasca hari raya tidak sampai kepada kita, dibawah ini beberapa penyakit musiman saat lebaran tiba:

Kambuhnya Hipertensi, Kolesterol dan Diabetes 
Banyaknya hidangan hari raya yang manis dan berlemak dapat memicu kambuhnya penyakit kronis seperti hipertensi, kolesterol dan diabetes. Seringkali penderita lupa untuk mengontrol dan mengkonsumsi makanan yang sebelumnya pantang dikonsumsi saat hari raya. Pola makan yang tak terkontrol saat hari raya dapat menimbulkan masalah baru khususnya bagi penderita hipertensi, kolesterol dan diabetes.

Gangguan Perut dan Pencernaan. 
Saat Lebaran biasanya orang akan cenderung makan tanpa memperhatikan kebersihan dan gizinya apalagi di wilayah perkotaan yang nota bene di hari raya tidak ada pembantu rumah tangga sehingga sulit untuk menyiapkan makanan sehat. Orang juga mengonsuminya tanpa memperhatikan faktor kebersihan makanan yang dibeli sehingga seringkali terjadi gangguan perut seperti diare, maag, radang usus, dan typhus.

Kelelahan pasca Lebaran. 
Hari raya dimana semua keluarga berkumpul dan saling berkunjung tentu sangat menyenangkan. Namun karena aktivitas yang sangat tinggi di hari raya seperti mudik dan mempersiapkan lebaran tentulah menyita waktu, pikiran dan tenaga hingga menyebabkan kelelahan. Kondisi tubuh yang lelah disertai pola makan yang buruk akan membuat tubuh rentan terhadap penyakit. Penyakit yang biasa timbul karena faktor kelelahan yaitu batuk, flu, pilek, sariawan, panas dalam dan radang tenggorokan.

Penyakit tersebut di atas sebenarnya bisa dicegah apabila kita dapat mengontrol pola makan dan menajalani hidup secara sehat. Tapi kadang memang gak nahaan

Berikut beberapa tips untuk mencegah timbulnya penyakit setelah hari raya :

Beristirahatlah dengan cukupBerikan kesempatan pada tubuh agar bisa memperoleh istirahat secara cukup. Karena keadaan tubuh yang lelah mengakibatkan daya tahan tubuh terhadap penyakit juga menurun sehingga tubuh jadi lebih mudah terserang penyakit.

Konsumsilah sayur dan buahUntuk mengimbangi dan mencegah timbulnya kolesterol, makanlah sayur dan buah. Selain kaya serat juga mengandung nutrisi penting untuk tubuh.

Konsumsilah air putih. Jangan terlalu banyak mengkonsumsi soft drink, sebaiknya perbanyak air putih sedikitnya dua liter sehari.

Berolahraga. Sesibuk apapun luangkan waktu untuk olahraga. Anda bisa memilih jalan santai ataupun di dalam rumah dengan menggunakan peralatan olahraga. Dan, hindari olahraga yang berat.

Bila hal itu tetap tidak dapat di lakukan seimbangkan makanan yang menggoda tersebut dengan mengkonsumsi madu dan beepolen lebah trigona. Bahkan produk madu dan beepolen trigona telah terbukti mampu mengatasi penyakit-penyakit yang disebutkan di atas. Makanya, sediakan selalu madu dan beepolen kami di rumah Anda, pasti berguna..
Adbox

@trigonasfarmer