UA-42393073-1

Minggu, 17 November 2013

Kunjungan Dewan Riset Daerah (DRD) Provinsi Banten

Pandeglang, 19 September 2013

satu jempolan dari Ketua DRD Banten 
Kunjungan Dewan Riset Daerah (DRD) Provinsi Banten ini merupakan kunjungan penting terhadap komunitas kami walau di postingnya agak telat dari jadwal yang semestinya.

Kunjungan DRD Provinsi Banten ini memberikan support bagi aktivitas komunitas kami yang tidak hanya eksis dalam upaya budidaya lebah trigona, namun juga dalam bidang penelitian yang terpokus pada lebah trigona yang selama ini di Indonesia kurang mendapat perhatian penting dari kalangan peneliti, baik peneliti akademisi maupun peneliti umum.

Banyak hal yang kami bicarakan pada kunjungan resmi DRD Banten ini, mulai cara budidaya, pengorganisasian, mekanisme pemberdayaan masyarakat, penelitian-penelitian, hingga produksi dan pemasaran.

Pada kesempatan ini pula, ada sebuah pertanyaan penting tentang kami yang diajukan oleh ketua DRD Banten yaitu tentang komitmen kami dalam menjalankan upaya pemberdayaan ini. Sebagaimana komitmen awal yang kami bangun dalam komunitas bahwa kami berdiri sendiri, berjalan sendiri dan menggapai mimpi yang kami bangun sendiri tanpa bantuan pihak lain (pemerintah), makanya tidak akan pernah ada keraguan, ketakutan dan keputusasaan dalam menjalankan kegiatan ini dengan atau tanpa bantuan pemerintah.

Berikut ini dokumentasi dari kunjungan DRD Provinsi Banten yang kami rangkum dalam agenda aktivitas komunitas PAT-LIMA.   

pertama datang personil DRD Banten langsung melihat kotak koloni
Ada yang baru tahu, ada juga yang sudah tahu tentang lebah trigona
Ketua DRD nampak serius dan bertanya detil tentang budidaya
Kotak koloni display lebih mudah untuk melihat isi kotak koloni
Penjelasan demi penjelasan didengarkan dengan serius
Ketua DRD Banten bertanya pula tentang asal muasal budidaya yang diawali dari penelitian kami yang memakan waktu selama setengah tahun pada tahun 2011 
Ketua DRD Banten berkata sambil menunjuk ke arah saya: "Inilah Dia Orangnya"
Dengan adanya pujian dari DRD Provinsi Banten ini semoga tidak membuat kami besar kepala, kami ingin tetap rendah diri dan menjadi diri kami yang selalu hidup berdampingan dengan damai seperti lebah trigona, senantiasa berpikir untuk terus saling menjaga antara kami, lebah trigona dan lingkungan disekitar kami hidup. 

Ada sebuah pertanyaan dari personil komunitas, dengan kunjungan ini apakah DRD Banten akan memberikan dukungan terhadap peningkatan kemampuan budiddaya pada komunitas?, dan selaku ketua di komunitas saya selalu menyakinkan teman-teman di komunitas untuk senantiasa percaya diri dan mandiri dalam mengembangkan budidaya, walau demikian bukan berarti tertutup terhadap pemerintah ketika ingin membantu masyarakat peternak. Perlu memiliki keyakinan besar bagi seluruh komponen komunitas bahwa ada dan tidak ada bantuan dari pihak lain budidya lebah trigona pada komunitas akan terus berjalan hingga titik darah penghabisan demi anak cucu kelak. Semoga!