Kunjungan TK An - Nur; Mengenal Lebih dekat Lebah Trigona

Pandeglang, 12 Nopember 2013

Hari ini farm kami di kunjungi oleh serombongan anak-anak dari TK An-Nur Rangkasbitung Kabupaten Lebak Banten. Rombongan yang dipimpin oleh Bu Nia selaku kepala sekolahnya, sangat antusias mengikuti sesi demi sesi pengenalan dasar lebah trigona bagi anak. Untuk lebih jelasnya dapat di lihat dokumentasi tiap sesi kegiatan anak-anak di farm inti komunitas Pat-Lima Pandeglang, laporannya sebagai berikut:

Sesi Perkenalan dan Sambutan Selamat Datang

 Inilah saat anak-anak TK An-Nur pertama masuk ke Farm dibariskan oleh guru-gurunya, kedatanganya di sambut langsung oleh Ketua Umum Komunitas Pat-Lima. Ini adalah sesi perkenalan antara TK An-Nur dengan pihak Komunitas. (nice to meet you, boys)

Sesi Pengenalan Dasar Lebah Trigona

 Pada sesi pengenalan dasar lebah trigona ini awalnya anak-anak berbaris rapih dan teratur tapi dalam waktu 5 menit barisan pun pecah, mereka saling dahulu mendahului ingin melihat lebih dulu dari temannya (namanya juga anak-anak...., hehehe...)



 Anak-anak nampak penasaran dan antusias ingin melihat seperti apakah lebah trigona yang kata mereka "baik" karena lebahnya tidak suka menyengat dan suka memberi madu buat kita.

 Karena makin semerawut akhirnya mereka dibuat kelompok-kelompok kecil oleh guru-gurunya, tiap kelompok secara bergiliran melihat dan bertanya tentang lebah trigona.

Sesi Pengenalan Jenis Lebah Trigona

 Lihat, anak-anak dibariskan per kelompok sebelum masuk ke sesi berikutnya yaitu pengenalan jenis-jenis lebah trigona yang dimiliki Komunitas Pat-Lima. (yang rapih ya barisnya, anak-anak...)

 Memperlihatkan beberapa jenis pintu masuk lebah trigona dari berbagai spesies dan menerangkan material apa saja yang dijadikan pintu masuk (propolis) oleh koloni lebah trigona.

 Diperlihatkan pula bagaimana lebah trigona mengisap nektar dan mengambil polen dari bunga-bunga yang tumbuh di sekitar Farm.

 Bu Guru pun ikut terkagum-kagum ketika melihat beberapa lebah trigona yang hinggap di beberapa kelopak bunga, lebah kecil itu seperti tak merasa terganggu oleh keramaian para pengunjung. (tenang sob, mereka di jamin lebah yang baik ko...)

Sesi Melihat Proses Pemanenan Madu



Sesi Mencicipi Rasa Madu Trigona

 Tiap anak mendapat jatah mencicipi madu trigona 1 sendok kecil [2,5 ml]

 Sebagian besar anak-anak ini belum pernah merasakan bagaimana rasa madu trigona. Rasa Madu yang mereka kenal adalah berasa manis banget. Rasa madu trigona sangat unik dan eksotis: manis campur asem

Sesi Istirahat dan Makan Siang

 Karena tempat makan lesehan di bagian depan sudah penuh maka terpaksa gelar tikar di dalam Farm. Andai saja mereka berkunjung 10 hari ke depan barangkali bukan begini ceritanya, karena saat kunjungan ini gedung workshop kami dalam tahap pembangunan 35%. Kelak kami akan menyediakan sarana yang lebih baik lagi agar para pengunjung kian merasa nyaman berada di tempat ini. 

Sesi Foto Bersama



Sesi Penutup

Sebelum berpamitan anak-anak menyanyikan lagu selamat tinggal dan terima kasih dipandu oleh para ibu guru pembimbingnya

 Ketua Komunitas Pat-Lima mengucapkan selamat tinggal kepada rombongan dan berharap kunjungan ini bermanfaat bagi anak-anak.

 Ibu Nia mewakili TK An-Nur Rangkasbitung menyerahkan parsel buah kepada Ketua Komunitas sebagai tanda terima kasih atas penyambutan dan pelayanan kami atas kunjungan rombongannya. (Jangan kapok ya bu dan kami tunggu kunjungannya kembali) 


Adbox

@trigonasfarmer