Sekolah Lapang Komunitas Pat-Lima 2013

Pandeglang, 06 Nopember 2013

Hari ini komunitas kami menghadiri Sekolah Lapang [SL] yang diselenggarakan oleh Dinas Kehutanan Kabupaten Pandeglang, tema SL yang baru pertama kali di gelar di Komunitas kami ini adalah "Pemberdayaan Masyarakat di Sekitar Hutan", salah satu bentuk nyata pemberdayaan masyarakat di sekitar hutan adalah budidaya lebah trigona yang pembinaannya masuk dalam daftar HHBK (Hasil Hutan Bukan Kayu) dan pemerintah mempunyai tanggung jawab besar terhadap pemberdayaan potensi daerah ini.

Materi utama SL ini adalah budidaya lebah trigona sebagaimana dibacakan oleh pembawa acara dari Dinas Kehutanan Kabupaten Pandeglang, namun pada kesempatan ini pula dilakukan diskusi komunitas membahas beberapa hal penting tentang budidaya, peningkatan produksi, dan keorganisasian peternak lebah trigona.


SL dibuka langsung oleh Kepala Dinas Kehutanan Kabupaten Pandeglang, Mr. Firman. Sesi ini sekaligus sebagai perkenalan dirinya dengan komponen komunitas yang hadir dalam undangan kegiatan ini.

Penyampaian Materi dan Diskusi Kelompok

Saat materi inti SL disampaikan para peserta yang merupakan anggota komunitas cukup serius dalam menyimaknya, pada kesempatan ini metode pertemuan yang digunakan adalah discusion and sharing, seluruh peserta bebas menyampaikan pendapat, pengalaman dan pemikirannya tentang upaya budidaya lebah trigona dan pemberdayaan masyarakat pedesaan. 

Dalam diskusi kelompok ini setidaknya menghasilkan beberapa pemikiran penting tentang fungsi komunitas terhadap pemberdayaan masyarakat. Setidaknya ada beberapa bidang penting dalam komunitas yang harus segera beraksi. Bidang tersebut adalah Bidang Kelompok Kewirausahaan Pemuda, Bidang Sadar Wisata dan Bidang Pemberdayaan Perempuan Desa. Pada kesempatan ini pula banyak masukan dari anggota komunitas untuk pemerintah daerah agar reaktif dan pro aktif terhadap usaha yang digeluti warga. 

Diterimanya nama Desa Inovatif Kampung Madu Teuweul (trigona. spp) di Desa kami semestinya ditindaklanjuti dengan dukungan pemerintah daerah dalam mewujudkannya. "Biarlah kami yang memulai, namun bantulah kami untuk melanjutkannya hingga selesai" begitulah kira-kira pesan komunitas bagi pemerintah.






Praktek Lapangan Cara Memindahkan Koloni dari Media Alami ke Media Buatan

Praktek lapangan cara memindahkan lebah trigona dari alam ke kotak koloni (sarang buatan) dilangsungkan pula dalam SL ini. Ada beberapa peserta SL yang belum mengetahui dengan detail seperti apa dan bagaimana cara pemindahan koloni yang benar. Praktek lapangan ini sekaligus wahana berbagi pengalaman teknis dari para praktisi budidaya lebah trigona yang dipandang berhasil pada tataran komunitas kami.

Selain memberikan contoh pemindahan, pada kesempatan ini pula beberapa peserta saling berbagi tips dan trik agar budidaya oleh peternak dapat dilakukan secara optimal dan memberikan hasil yang baik. Ini sangat berguna teman-teman...






Adbox

@trigonasfarmer