Cara Membuat Sarang Buatan pada Budidaya Lebah Trigona

Cara membuat sarang buatan lebah trigona memang perlu kita kuasai dalam upaya budidaya lebah trigona tentunya disamping cara budidaya lebah trigona yang lainnya seperti pengenalan karakter si kelulut, siklus musim dan produksi, dan lain sebagainya.

Pada kesempatan ini kami sebagai komunitas peternakan lebah yang berlokasi di kaki Gunung Karang Pandeglang akan mencoba memberikan gambaran beberapa jenis contoh sarang buatan untuk budidaya lebah trigona yang di ambil dari berbagai sumber. Memang, sarang buatan untuk klanceng tidak ada ukuran dan bentuk yang baku, tiap peternak memiliki kreatifitas sendiri dalam membuatnya.

Penggunaan material kayu sebagai bahan pembuatan sarang buatan lebah trigona merupakan bahan yang paling sering dipakai peternak, bahkan ada yang hanya memindahkan batang pohon dari hutan ke peternakannya.

Penggunaan material kayu untuk masa sekarang barangkali masih sah-sah saja, termasuk pemindahan batang pohon yang berisi koloni, walau demikian di Rio de Janairo – Brasilia sana, upaya budidaya lebah trigona meliponini sebagian besar ditujukan untuk kepentingan pelestarian lingkungan dan meliponicultura. AME-RIO (Associacao de Meliponiaculture – Rio de Janairo), sebuah komunitas pelestarian lebah tak bersengat yang di ketuai oleh Gesimar Celio de Santos itu sangat antusias dalam pelestarian lebah trigona sebagai keanekaragaman hayati di negaranya dan kami banyak belajar kepada komunitas yang satu ini. Hingga sekarang AME-RIO masih berusaha keras bagaimana caranya membuat sarang buatan untuk lebah dengan lebih ramah lingkungan, tentunya dengan tidak menggunakan material kayu sebagai bahan utama pembuatan sarang buatannya.


Berikut beberapa contoh bentuk sarang buatan bagi lebah trigona alias kelulut atau lanceng/ klanceng yang digunakan oleh para pembudidaya di berbagai komunitas.

Sarang buatan ramah lingkungan berbahan beton ringan by AME-RIO Brasilia

 beragam bentuk sarang buatan berbahan kayu untuk kelulut berukuran besar seperti Trigona Itama, bentuk sarang ini banyak digunakan peternak lebah trigona di Brasilia 

 Trigona Thoracica

 Sarang buatan berbahan kayu untuk Trigona Laevieps dan Incisa

 Syamille Agrofarm & Resort memindahkan batang pohon dari hutan ke peternakannya dengan menggunakan metode toping.

Oh, ya. Apabila ingin menguasai cara pembuatan sarang buatan bagi lebah trigona yang benar, Anda dapat mengikuti Program Sekolah Lingkungan 2nd Natural School yang diselenggarakan oleh Komunitas kami yang terbuka untuk umum.

Demikian sobat, semoga bermanfaat...
Adbox

@trigonasfarmer