Potensi Budidaya Lebah Trigona di Kawasan Cihunjuran

Budidaya lebah trigona merupakan aktivitas positif terhadap upaya pelestarian alam di samping aktivitas bisnis. Namun untuk melakukan budidaya lebah tak bersengat ini terlebih dahulu perlu melakukan pengkajian dalam menentukan lokasi yang tepat membudidayakan lebah trigona, hal tersebut perlu dilakukan apabila kita ingin memperoleh keuntungan.
Kawasan Cihunjuran yang merupakan kawasan benda cagar budaya peninggalan Kerajaan Salakanagara di kaki gunung Pulosari memiliki potensi besar untuk di kembangkan menjadi lokasi budidaya lebah trigona di Kecamatan Mandalawangi Pandeglang. Selain memiliki suhu yang baik, kawasan ini memiliki sumber pakan yang luar biasa banyak untuk lebah trigona karena berada di kawasan Perum Perhutani KPH Banten yang tentu saja lingkungan hutannya terjaga dengan amat baik.

Potensi tersebut mendorong kami untuk mengembangkan komunitas peternak lebah trigona di wilayah ini bersama dengan warga di sekitar kawasan. 


Gayung bersambut, niatan kami disambut baik oleh beberapa warga yang bersedia gabung dalam komunitas. Di bawah ini laporan perjalanan kami.

 Penunjuk arah ke lokasi wisata Cihunjuran di pinggir jalan raya Mandalawangi

 Jalan setapak ke lokasi wisata Cihunjuran, mobil tentu tidak bisa masuk

 
Pohon Hunjuran atau Soka diambil sebagai nama lokasi situs Cihunjuran ini 

Di bawahnya ada sebuah kolam berair sangat jernih yang berasal dari beberapa lubang mata air, konon kolam ini tempat raja-raja mandi pada jaman dahulu tentunya.  

 Pertemuan dengan warga di sekitar Cihunjuran, di buka oleh DR. Ali Fadillah salah satu tokoh arkeolog di Provinsi Banten (memakai topi hitam) 

 Warga yang berminat ikut membudidayakan lebah trigona nampak serius melihat pemutaran tayangan  Acara Trekker BChanel TV tenteng kegiatan budidaya lebah trigona pada Komunitas PAT-LIMA 

 Di sekitar tempat ini banyak benda cagar budaya yang sangat penting dalam sejarah peradaban manusia di pulau jawa, khususnya di Banten dan Jawa Barat.

 Kolam cihunjuran airnya sangat jernih dan dingiiin...
  
 Selain kolam yang berada di sekitar lokasi situs, ada juga kolam lainnya yang tak kalah indahnya yang berada tak jauh dari pintu masuk ke area cagar budaya.
   
Airnya juga sangat jernih sampai kelihatan isi kolam dan dasarnya.
Adbox

@trigonasfarmer