UA-42393073-1

Jumat, 23 Agustus 2013

Sehari di Kampung Domba


Sebenarnya tujuan awal datang ke kampung domba di kelurahan Juhut Kecamatan Karangtanjung Pandeglang adalah ingin melihat potensi kawasan juhut untuk rencana pengembangan budidaya lebah trigona, namun tanpa terasa nyaris seharian penuh saya berada di kampung unik itu. Tak banyak yang kami lakukan selain ngobrol-ngobrol tentang pembangunan di pandeglang seraya mengagumi keindahan alam, tak lupa kami mengambil beberapa gambar untuk dokumentasi.


Sebenarnya dokumentasinya sudah di tampilkan oleh blog teman di Banten Infoshare, ini linknya: Banten Infoshare: Kampung Domba  tapi karena kurangnya penjelasan pada gambar-gambarnya dengan tanpa mengurangi rasa hormat pada empunya Banten Infoshare saya tampilkan ulang di artikel ini.

Polulasi domba di Kampung Domba tahun ini 2214 ekor dengan beragam jenis domba

Sistem peternakan disini yaitu berkelompok, nyaris seluruh peternakan di pusatkan di sekitar area ini, walaupun ada beberapa ekor juga yang diternak sendiri di rumah-rumah warga Kp. Cinyurup

Lokasinya berada di dataran tinggi, kandang-kandang domba berada disetiap area yang berundak-undak, benar-benar terpusat.

Tempat pengolahan kotoran domba menjadi pupuk organik

Ruang pembibitan beragam tanaman sebagai tambahan penghasilan warga peternak


 Tanaman ini berada di sekitar area peternakan, lebah trigona pasti suka, hehehe...

Saatnya turun gunung, pulang dan kembali ke aktivitas kami 'beternak lebah trigona'