Aktivitas Komunitas PAT-LIMA Sepanjang Ramadhan 2013

Sepanjang bulan seribu berkah kemarin, banyak kegiatan yang kami lakukan. Sebagian kegiatan pada Komunitas Budidaya Lebah Trigona sudah di posting pada berbagai artikel diantaranya tentang kunjungan dari BPPT, Kemenristek dan Balitbangda Banten dalam rangka Desa Inovatif dan SIDa Banten, kunjungan Menteri Bidang Perekonomian ke Pandeglang, serta liputan lainnya.


Berikut rangkaian kegiatan Komunitas PAT-LIMA selama bulan Ramadhan 2013:


Kunjungan Kepala BPPT, Kemenristek dan Balitbangda Banten

Kunjungan ini telah memberikan semangat baru kepada komunitas kami agar tertus menerus berbuat kreatif dan inovatif. Kunjungan ini selain menganugrahkan Desa Inovatif pada kampung halaman kami, juga memberikan penegasan Balitbangda Banten tentang label SIDa Banten pada produk-produk kami. dan satu hal yang nyaris terlewatkan, moment ini merupakan lanjutan penilaian kelayakan 'Calon Penerima Anugerah IPTEK Labdhakretya Tahun 2013' yang diberikan kepada kami, setelah sebelumnya dinilai pula oleh Tim Penilai dari Institut Tekhnologi Indonesia (ITI) Serpong, Tangerang - Banten.
Menang atau tidak bukan masalah bagi kami, karena apa yang telah kami lakukan di komunitas ini merupakan sebuah ikhtiar tulus tanpa mengharap apa-apa. Namun, kami tetap mohon doa dan restu kepada sobat-sobat semua, semoga ini menjadi sebuah berkah.



Kunjungan Menko Bidang Perekonomian Ke Pandeglang

Pandeglang perlu pembenahan yang serius terutama dalam bidang perekonomian. Perlu adanya sinerginitas antara Pemda dan pelaku usaha, bahkan perlu ditunjang oleh kalangan Akademisi. Dalam penilaian kami, Pemda Pandeglang belum terlalu serius dalam upaya peningkatan kesejahteraan ekonomi masyarakatnya, semoga kunjungan Bpk. Hata Rajasa ini dapat memicu tumbuhnya perekonomian di Pandeglang, semoga...



Pengawasan Budidaya ke Peternakan Anggota Komunitas

Pengawasan ini bersifat rutin, biasanya dilakukan langsung oleh peternak yang bersangkutan, namun sekali-sekali perlu kami dampingi sambil memberikan contoh dan arahan dalam perawatan lebah trigona.



Pembinaan Peternak Anggota Komunitas di Luar Kecamatan

Kami memiliki anggota komunitas yang berada di luar kecamatan, yaitu di Kecamatan Majasari Kab. Pandeglang dan Kecamatan Warunggunung Kab. Lebak. di Kecamatan Majasari tersebut di rencanakan akan dijadikan peternakan Inti ke 2 dengan mempertimbangkan beberapa faktor, diantaranya adalah iklim dan vegetasi yang sangat baik, karena berada tepat di lereng Gunung Karang.   



Explorasi Lebah Trigona Putih

Di sela-sela  Ramadhan, kami menyempatkan diri untuk melakukan penyelidikan tentang adanya informasi lebah trigona putih di sebuah lokasi angker 'Batu Sawung', namun kali ini kami hanya menemukan sebuah jejak bekas sarang lebah trigona di antara celah-celah batu berupa pot-pot madu kering dan sel-sel telur yang sudah tak berisi, serta beberapa bangkai lebah yang sudah mengering hal itu merupakan fakta bahwa di tempat itu pernah ditinggali oleh sekawanan lebah trigona. Namun setelah kami uji, hasilnya benda-benda di celah batu tersebut merupakan bekas aktivitas lebah trigona spesies Laeviceps, bukan trigona putih. 


Demikianlah sobat, aktivitas kami selama menjalani puasa di bulan Ramadhan kemarin. 
Salam Inovatif....

No comments:

Post a Comment

Agar blog ini lebih baik, mohon isi komentar di bawah sebelum Anda meninggalkan blog kami. Terima kasih atas kunjungannya...

Adbox

@trigonasfarmer