UA-42393073-1

Rabu, 21 Agustus 2013

Selamat Datang Musim Bunga

Bulan Juli dan awal Agustus 2013 merupakan masa paceklik madu pada seluruh peternak binaan Komunitas PAT-LIMA, nyaris semua peternak pada kedua bulan ini memperoleh penurunan pendapatan khususnya dari madu, apabila di persentasikan penghasilan madu pada siklus ini menurun sampai 75%, untungnya penurunan hasil panen madu tersebut tidak berpengaruh terhadap perolehan bee polen yang cenderung meningkat walau tidak signifikan.

Pada siklus krisis madu ini di ikuti pula oleh persoalan hama yang hampir menyerang seluruh peternak, selidik punya selidik, hama utama yang memporak-porandakan peternakan lebah trigona di lingkungan komunitas adalah hama sejenis tungau atau kebo-keboan. Sekitar 30% koloni di peternakan inti komunitas ikut terserang hama ini. Penyebab utama kedua persoalan tersebut adalah adanya pengaruh perubahan iklim di Pandeglang yang sangat drastic. Temperature yang tidak stabil dan curah hujan yang tinggi menyebabkan lebah trigona sulit mencari pakan karena keterbatasan fisiknya yang kecil.

[pot-pot madu terbaru di peternakan binaan; bunga baru, napas baru]


Dampak dari permasalahan di atas yaitu anjlognya produk madu di komunitas, banyak konsumen yang mungkin merasa kecewa karena kelangkaan madu ini, namun demikian kami tetap berusaha memberikan pemahaman bahwa semua ini dikarenakan siklus alami dalam budidaya lebah trigona, kami tidak akan memaksakan ketersediaan produk madu trigona walaupun demand tinggi. Perlu di ingat bagi produsen yang nakal peluang seperti ini mendorong mereka untuk memalsukan atau mengoplos madu.

Prinsip kami adalah menyediakan produk murni dan original bagi konsumen dengan apa adanya, sesuai dengan ketersediaannya; sale by stock not by demand. Namun demikian selaku produsen madu trigona kami menyampaikan permohonan maaf kepada seluruh konsumen atas situasi yang tidak menguntungkan ini.

Khabar baiknya bunga-bunga liar di hutan dan di pesawahan mulai bermekaran, ketersediaan sumber pakan untuk koloni lebah trigona mulai melimpah. Berdasarkan pantauan di lapangan masa krisis madu di Pandeglang secara umum sudah dapat dilewati, hal itu terlihat dari munculnya pot-pot madu di setiap kotak koloni yang diperiksa di peternakan inti. Hal ini pun sesuai dengan laporan dari tiap peternak bahwa di tiap-tiap koloni budidaya sudah mulai berisi madu. Tidak lama lagi insya Allah musim madu akan segera tiba di komunitas kami. Tak lama lagi kesedihan akan berganti dengan kebahagiaan berkat kesabaran kita semua, kawan.

Belajar dari peristiwa ini, elemen komunitas mulai memeras pikiran agar hal ini tidak terulang di masa mendatang, hingga muncullah ide untuk mengembangkan jenis trigona yang baru, yang lebih produktif menghasilkan madu bila di bandingkan spesies yang budidayakan sekarang.

Pendataan dan pengumpulan koloni mulai dilakukan awal Agustus dan akan segera di realisasikan dalam bentuk penguatan peternakan inti sebelum disebarluaskan ke peternak binaan. Namun demikian, jenis lebah trigona yang sudah dibudidayakan pada komunitas akan tetap dipertahankan dan ditingkatkan baik kapasitas maupun kualitasnya, karena bagaimana pun lebah trigona yang sudah kami ternakkan memiliki potensi yang tinggi sebagai penghasil bee polen yang terbukti mujarab mengatasi berbagai masalah kesehatan.

Selamat datang musim bunga!